Penjabaran Struktur Organisasi

  • Admin Bulelengkab
  • 29 Pebruari 2016
  • Dibaca: 37569 Pengunjung
  •  BIDANG INFORMASI DAN PENGADUAN

Tugas Pokok dan Fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan BidangInformasi dan Pengaduan , berdasarkan data dan program Badan Pelayanan Perijinan Terpadu dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja
  2. Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  3. Memberikan petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan
  4. Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas permasalahannya
  5. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesesuaian dan kebenaran hasil kerja
  6. Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier
  7. Menyediakan brosur/buku panduan yang berkaitan dengan jenis pelayanan, prosedur dan persyaratan teknis, mekanisme, penelusuran posisi dokumen pada setiap proses, serta biaya dan jangka waktu penyelesaian perijinan
  8. Menyebarkan informasi terkait dengan pelayanan perijinan secara jelas kepada masyarakat dengan melibatkan aparat terkait, melalui media cetak dan elektronik yang mudah diakses oleh masyarakat dan/atau dunia usaha
  9. Melaksanakan penelitian dan menyusun indek kepuasan masyarakat secara berkala dibidang pelayanan perijinan, sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku
  10. Melaksanakan pengumpulan data informasi dan pengaduan dari masyarakat dan/atau dunia usahaterhadap pelaksanaan pelayanan perijinan
  11. Menelusuri, menindaklanjuti dan memberikan tanggapan secara tertulis terhadap pengaduan/ komplain masyarakat dan/atau duniausaha
  12. Melaksanakan/mencari solusi atau bahan pemecahan masalah dalam rangka menindak lanjuti pengaduan masyarakat dan/atau duniausaha
  13. Memberi informasi dan melaksanakan penerimaan pengaduan perijinan
  14. Menyebarkan informasi mengenai tata cara, mekanisme dan prosedur pengaduan
  15. Melaksanakan koordinasi dengan instansi dan lembaga terkait lainnya dalam rangka pelaksanaan kegiatan dibidang informasi dan pengaduan
  16. Melaksanakan evaluasi dan membuat laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan, dan
  17. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan

 

  • BIDANG PENERIMAAN DAN VERIFIKASI

Tugas Pokok dan Fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Bidang Penerimaan dan verifikasi, berdasarkan data dan program Bagiaan Tata Usaha dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja
  2. Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  3. Memberikan petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan
  4. Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas permasalahannya
  5. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kesesuaian dan kebenaran hasil kerja
  6. Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier
  7. Memberikan pelayanan kepada masyarakat dan/atau dunia usaha terhadap semua bentuk perijinan berdasarkan kewenangan dan kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati serta ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  8. Menerima, mengecek, meneliti, mengoreksi, dan melaksanakan verifikasi terhadap berkas permohonan dari masyarakat dan/atau dunia usaha berdasarkan prosedur dan persyaratan yang telah ditetapkan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku
  9. Memberikan petunjuk teknis/mekanisme dan persyaratan sesuai jenis perijinan,
  10. Membuat standar oprasional prosedur (SOP) pelayanan perijinan sesuai ketentuan Perundang-undangan yang berlaku
  11. Melaksanakan pembinaan, pelatihan, dan bimbingan dibidang perijinan kepada pegawai/petugas pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu maupun petugas di kecamatan, kelurahan, dan desa
  12. Mengevaluasi dan membuat laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan.

 

  • BIDANG PENETAPAN DAN PENERBITAN

Tugas Pokok dan Fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Bidang Penetapan dan Penerbitan, berdasarkan data dan program Badan Pelayanan Perijinan Terpadu dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja
  2. Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  3. Memberikan petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan
  4. Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas permasalahannya
  5. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesesuaian dan kebenaran hasil kerja
  6. Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier
  7. Menyusun dan membuat standar oprasional prosedur (SOP) penetapan proses dan penerbitan  perijinan, sesuai ketentuan Perundang-undangan yang berlaku
  8. Melaksanakan penetapan jangka waktu penyelesaian dan besaran biaya terhadap jenis perijinan, sesuai ketentuan Perundang-undangan yang berlaku
  9. Melaksanakan proses penerbitanperijinan sesuai permohonan yang diajukan oleh masyarakat dan/atau Badan Hukum
  10. Melaksanakan analisis data, bahan kelengkapan dan kajian terhadap permohonan perijinan yang diajukan oleh masyarakat dan/atau Badan Hukum
  11. Melaksanakan penelitian, pengukuran atau peninjauan lapangan terkait dengan permohonan perijinan dan pembuat berita acara pemeriksaan lapangan (BPAL)
  12. Menerima pembayaran dari masyarakat atau dunia usaha sesuai jenis perijinan berdasarkan pedoman yang telah ditetapkan serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku
  13. Melaksanakan penyerahan dokumen atau ijin kepada masyarakat dan/atau dunia usaha pemohon ijin
  14. Melaksanakan koordinasi dengan instansi/lembaga terkait lainnya dalam rangka pelaksanaan tugas bidang penetapan dan penerbitan perijinan
  15. Mengevaluasi dan membuat laporan pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan, dan
  16. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan

 

  • BIDANG EVALUASI, PENGAWASAN DAN PELAPORAN

Tugas Pokok dan Fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatanBidang Evaluasi, Pengawasan dan Pelaporan , berdasarkan data dan program Badan Pelayanan Perijinan Terpadu dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja
  2. Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  3. Memberikan petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan
  4. Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas permasalahannya
  5. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesesuaian dan kebenaran hasil kerja
  6. Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier
  7. Melaksanaan evaluasi dan pengawasan terhadap prosedur dan proses/ mekanisme pelayanan perijinan
  8. Melaksanakan evaluasi dan pengawasan terhadap proses penerbitan semua jenis perijinan.
  9. Menghimpun, menyusun data dan membuat laporan pelaksanaan pelayanan,mengenai jumlah dan jenis ijin yang diterbitkan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah teknis terkait setiap bulan
  10. Membuat dan menyampaikan laporan tertulis setiap 3 (tiga) bulan sekali kepada Gubernur Bali melalui Bupati tentangpenyelenggaraan pelayanan, target/capaian kerja, kendala yang dihadapi dan pembiayaan
  11. Melaksanakan koordinasi dengan instansi dan/atau lembaga terkait lainnya dalam rangka pelaksanaan tugas bidang evaluasi, pengawasan dan pelaporan
  12. Melaksanakan evaluasi dan membuat laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan, dan
  13. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan

 

  • BAGIAN TATA USAHA

Tugas Pokok dan Fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Bagian Tata Usaha, berdasarkan data dan program Badan Pelayanan Perijinan Terpadu, serta ketentuan Perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja
  2. Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  3. Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan
  4. Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugasnya sesuai dengan bidang dan permasalahnnya
  5. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesesuaian dan kebenaran hasil kerja
  6. Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier
  7. Memberi pelayanan administrasi kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu
  8. Melaksanakan urusan surat menyurat, tata usaha, keuangan, rumah tangga, perlengkapan, dankearsipan
  9. Melaksanakan pembinaan organisasi, tata laksana, dan kepegawaian di lingkungan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu
  10. Melaksanakan inventarisasi aset di lingkungan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu
  11. Menyusun rencana kerja, membuat laporan kegiatan dan membuat laporan pertanggung jawaban keuangan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu
  12. Menyusun dan mengkoordinasikan rencana anggaran Badan Pelayanan Perijinan Terpadu dan UPT
  13. Menghimpun bahan kebijakan sebagai masukan dalam penyusunan Rencana strategik (RENSTRA), Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Indikator Kinerja Utama (IKU) Badan
  14. Mengkompilasi bahan dan menyusun Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP)
  15. Mengevaluasi dan membuat laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan dan
  16.  Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan

 

  • SUB BAGIAN PERENCANAAN

Tugas Pokok dan Fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan sub Bagian Perencanaan berdasarkan data dan program Bagian Tata Usaha dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja
  2. Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  3. Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan
  4. Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai bidang tugas dan permasalahannya
  5. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesesuaian dan kebenaran hasil kerja
  6. Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier
  7. Menyusun program/rencana kerja, mengumpulkan, mengelola, dan membuat laporan kegiatanBadanPelayananPerijinanTerpadu
  8. Menyusun rencana anggaran Badan Pelayanan Perijinan Terpadu, yang meliputi pembuatan RKA dan DPA
  9. Menghimpun bahan kebijakan sebagai masukan dalam penyusunan Rencana Starategik (RENSTRA), Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Indikator kinerja Utama (IKU) BadanPelayananPerijinanTerpadu
  10. Mengkompilasi bahan dan menyusun Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP)
  11. Mengevaluasi dan membuat laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan dan
  12. Melaksananakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan

 

  • SUB BAGIAN UMUM

Tugas Pokok dan Fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Umum, berdasarkan data dan program Bagiaan Tata Usaha dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja
  2. Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  3. Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan
  4. Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugasnya sesuai dengan bidang tugas permasalahannya
  5. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesesuaian dan kebenaran hasil kerja
  6. Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier
  7. Memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu
  8. Melaksanakanurusansuratmenyurat, keuangan, rumahtangga, perlengkapan, dankearsipan
  9. Melaksanakan inventarisasi aset dan pengelolaan tata usaha barang di lingkungan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu
  10. Melaksanakan pembinaan organisasi, tata laksana, dan administrasi kepegawaian
  11. Menyusun daftar urut kepangkatan, formasi, bezetting, pegawai, dan menyusun data pegawai
  12. Menyiapkan dan menyusun rencana kebutuhan, pengembangan dan kesejahteraan pegawai
  13. Mengevaluasi dan membuat laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan, dan
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan

 

  • SUB BAGIAN KEUANGAN

Tugas Pokok dan Fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Keuangan berdasarkan data dan program Bagiaan Tata Usaha dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja
  2. Memimpin dan mengkoordinasikan bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan dengan harmonis dan saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  3. Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan agar dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diharapkan
  4. Mengatur dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas permasalahannya
  5. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dengan cara mencocokkan dengan petunjuk kerja yang diberikan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kesesuaian dan kebenaran hasil kerja
  6. Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil yang dicapai sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan karier
  7. Menerima, menyimpan, mengeluarkan, dan membuat laporan pertanggung jawaban keuangan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu
  8. Menyiapkan bahan, menyusun serta melaksanakan pencatatan, pembukuan, perhitungan, dan verifikasi, serta perbendaharaan
  9. Melaksanakan pengurusan administrasi keuangan yang meliputi: penerbitan SPD, dan SPN, meneliti kelengkapan SPP-LS, SPP-UP, GU dan TU, serta menyiapkan SPM
  10. Melakukan verifikasi SPP, verifikasi harian atas penerimaan, akuntansi, dan pembayaran gaji, tunjangan, dan kesejahteraan pegawai
  11. Mengevaluasi dan membuat laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan, dan
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan


 

Share Post :