(0362) 22063
dpmptsp@bulelengkab.go.id
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Mulai 2 Januari 2019, Layanan Online Single Submission di BKPM

Admin dpmptsp | 11 Maret 2019 | 894 kali

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian resmi memindahkan pusat layanan perizinan berusaha mandiri secara elektronik atau dikenal dengan Online Single Submission (OSS) ke kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Layanan ini akan mulai beroperasi di BKPM pada 2 Januari 2019.

"Operasional OSS akan dimigrasikan atau dialihkan pelayanan dan sistem pengelolaannya pada 2 Januari ke BKPM," kata Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso saat mengelar konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat 21 Desember 2018.

Pusat layanan OSS nantinya berada pada lantai 1 Gedung Ismail Saleh di kantor Pusat BKPM. Adapun pelayanan OSS nantinya akan berada dalam satu area dengan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di BKPM.

Susiwijono mengatakan pengalihan tersebut dilakukan untuk pelayanan maupun fasilitas pendukung dari OSS. Mulai dari pelayanan perizinan, pengelolaan sistem, pelayanan call center dan bantuan teknis lewat email hingga sumber daya manusia serta anggaran.

Susiwijono juga mengatakan meski sistem OSS dialihkan ke BKPM, penyelesaian permasalahan dan kendala teknis operasional sistem OSS akan dikerjakan antara BKPM dan tim teknis sistem OSS dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Karena itu, kata Susiwijono, ia yakin pengalihan ini tak akan mengganggu pelayanan. Sebab, pengelolaan operasional sistem OSS tidak ada yang berubah atau dilakukan pemindahan sistem. Hak ini karena sistem OSS merupakan sistem berbasis web dan saat ini berjalan dengan memanfaatkan infrastruktur cloud.

“Kami menggunakan sistem cloud yang berjalan di data center serta tersertifikasi ISO 27001 -2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi," kata Susiwijono soal Online Single Submission.

 

 

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1157708/mulai-2-januari-2019-layanan-online-single-submission-di-bkpm/full&view=ok