(0362) 22063
dpmptsp@bulelengkab.go.id
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Forum Koordinasi dan Konsultasi Peningkatan Pelayanan Publik

Admin dpmptsp | 13 Juli 2018 | 984 kali

Forum Koordinasi dan Konsultasi Peningkatan Pelayanan Publik di Kharisma Ballroom, Discovery Kartika Plaza Hotel, Jl. Kartika Plaza, Kuta-Bali. Kegiatan Forum Koordinasi dan Konsultasi Peningkatan Pelayanan Publik, dilaksanakan selama satu hari pada tanggal 12 Juli 2018, dan dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi, Komunikasi, Informasi dan Aparatur, Kemenko Polhukam, unsur Kodam IX/ Udayana, Polda Bali, Ombudsman Perwakilan Bali, Danrem 163/Wira Satya, Lanud, Lanal, Dandim 1611/Badung, Polres Badung, Sekda Provinsi Bali dan Dinas dan Badan lingkup Provinsi Bali, Sekda Kabupaten/Kota se-Bali, Dinas dan RSUD Kabupaten/Kota se-Bali (undangan terlampir).

                 Kegiatan Forum Koordinasi dan Konsultasi Peningkatan Pelayanan Publik dibuka oleh Gubernur Bali yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo, dan sebagai Narasumber berasal dari Kementerian Kominfo, Kementerian PAN dan RB, Akademisi UGM, Perwakilan PT. Telkomsel.

                 Berdasarkan hasil kegiatan Forum Koordinasi dan Konsultasi Peningkatan Pelayanan Publik disepakati bahwa sesuai dengan pesatnya kemajuan bidang Teknologi Informasi (IT), maka dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat (layanan publik), pemerintah harus membangun sarana dan prasarana IT secara terintegrasi dari setiap unit kerja, mulai dari pemerintah pusat sampai pemerintah daerah (K/L/D).

                 Kondisi TI pada saat ini masih spasial/sektoral sehingga tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi antar K/L/D karena tidak ada konektivitas, yang akibatnya terjadi pemborosan anggaran yang disebabkan oleh masing-masing K/L/D membangun sarana dan prasarana TI sendiri.

                 Khusus untuk permasalahan penanganan pengaduan, dengan pola penanganan yang masih spasial/sektoral, akibatnya sering terjadi duplikasi dan tumpang tindih penanganan (beberapa permasalahan yang sama ditangani beberapa K/L/D), oleh karena itu dalam penanganan pengaduan perlu membangun jaringan secara terpadu antara K/L/D.