(0362) 22063
dpmptsp@bulelengkab.go.id
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Pemetaan Objek Kawasan Pariwisata

Admin dpmptsp | 09 Mei 2018 | 582 kali

Pemetaan potensi investasi di Kawasan Obyek Wisata Catur Desa Tua Bali Age dan Kawasan Obyek Wisata Catur Desa Adat Tamblingan. Kawasan Objek Wisata Bali Age dikenal dengan istilah nama SCTP (Sidetapa, Cempaga, Tigawasa dan Pedawa). Sedang Kawasan Objek Wisata Adat Tamblingam yaitu Munduk, Gobleg, Gesing dan Umejero.

Baik Desa Tua Bali Age maupun Desa Adat tamblingan, semuanya berada di wilayah Kecamatan Banjar, kecuali Desa Umejero berada di wilayah Kecamatan Busungbiu.

Desa-desa SCTP sudah mampu menggali potensi yang dimiliki dengan konsisten menegakkan Tri Hita Karana melalui pelestarian hutan, satwa, budaya leluhur yang adi luhung dan srada bakti kepada Hyang Widhi.

Geliat langkah mereka bersatu dalam gelora meningkatkan kesejahteraan dengan peningkatan kunjungan wisata. Dengan mengembangkan objek wisata Budaya dan tradisional diantaranya ada kubu hobbit, kopi mola, baris dapdap cenpaga, gula aren pedawa, rumah adat cempaga sidetapa, sok nasi sidetapa, keben tigawasa. Semua produk mereka buat berkolaborasi sehingga satu dalam langkah.

Desa-desa di Adat Tamblingan juga berbenah dengan mengukuhkan potensi mereka seperti beras merah, bunga pecah seribu.

Pengembangan akomodasi wisata juga terus digiatkan dengan mengangkat potensi kawasan danau tamblingan. Air terjun, jalur tracking, cycling, stop over dibangun. Terungkap bahwa  infrastruktur masih menjadi isu utama. kebersihan yang menjadi tuntutan wisata juga belum optimal seperti kendaraan sampah. Demikian juga fasilitas di beberapa obyek wisata.