(0362) 22063
dpmptsp@bulelengkab.go.id
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Penyuluhan Kanker di DPMPPTSP

Admin dpmptsp | 20 Juni 2017 | 737 kali

 

Pada hari Jumat, 16 Juni 2017, Yayasan Penyuluhan Kanker Indonesia (YPKI) melaksanakan sosialisasi/penyuluhan kanker di Dinas penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu pintu Kabupaten Buleleng. Penyuluhan tersebut dilaksanakan di ruang Sekretariat Dinas penanaman Modal dan PPTSP kab. Buleleng dan dipandu oleh Ibu Isma YPKI serta diikuti oleh para pegawai di lingkup DPMPPTSP.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan mengenai apa itu kanker, fanktor pemicunya, cara mendeteksi, serta cara mencegah kanker itu sendiri. Kanker merupakan suatu perubahan sel normal menjadi tidak normal (abnormal). Faktor pemicu kanker yaitu meliputi genetik/keturunan, kimia/fisika, makanan/minuman yang mengandung zat carsinogenik, serta cara penyajian dan pengolahan makanan yang salah.

Untuk mencagah kanker dapat dilakukan dari dalam maupun dari luar. Pencegahan dari luar dilakukan dengaan mengatur pola makan, konsumsi makanan yang berserat tinggi (sayur dan buah-buahan), menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging, menghindari makanan yang mengandung zat carsinogen (pengawet), dan melakukan olahraga secara teratur. Sedangkan untuk pencegahan dari dalam dapat dilakukan dengan cara suntik imunisasi kekebalan tubuh dimana suntikan dilakukan selama tiga kali dalam tiga bulan dan mengkonsumsi tumbuhan alami zat anti kanker seperti buah atau daun sirsak, benalu the, dan temu putih.

Dari sosialisasi ini diharapakan dapat manambah pengetahuan masyarakat mengenai kanker dan kesadaran akan bahayanya kanker. Di mana kanker merupakan salah satu pembunuh utama di Indonesia. Setelah sesi sosialisasi dilanjutkan dengan diskusi/tanya jawab terkait kanker.