(0362) 22063
dpmptsp@bulelengkab.go.id
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Protocol and Etiquette Training “For Employees of The Government of Buleleng Regency”

Admin dpmptsp | 28 September 2017 | 1112 kali

Bimtek keprotokolan dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa (25 dan 26 September 2017) bertempat di Hotel Aneka Lovina Villas & Spa, Jl. Raya Kalibukbuk Lovina Beach North Bali. Bimtek oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Buleleng. Dibuka oleh Bupati Buleleng Bapak Putu Agus Suradnyana, ST didampingi oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Ibu Ni Made Rousmini, S. Sos beserta Widyaiswara yang sekaligus menjadi pembicara Ibu A.A. Rai Kartini, S.Sos, M.Si, CHI dan Bapak Dr. Made Dharma Putra, MTP, CH. Bimtek Keprotokolan diikuti oleh seluruh OPD dan Kecamatan di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Buleleng. Pemberian teori berlangsung selama 2 (dua) hari kemudian dilanjutkan dengan melakukan studi banding ke Sekretariat Negara RI di Istana Merdeka Jakarta pada tanggal 27 sampai dengan 29 September 2017.

Dasar Hukum utama diselenggarakannya Bimtek Keprotokolan yaitu UU No. 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan. Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara, dan tata Penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatandan/atau kedudukannya dalam Negara, pemerintahan, atau masyarakat.

Tata Tempat adalah pengaturan tempat bagi Pejabat Negara, Pejabat Pemerintahan, perwakilan Negara asing dan/atau organisasi internasional, serta tokoh masyarakat tertentu dalam acara kenegaraan atau acara resmi. Mengandung unsur tentang siapa yang berhak didahulukan dan siapa yang berhak mendapat prioritas.

Tata Penghormatan yaitu sikap perlakuan yang bersifat protocol yang harus diberikan kepada seseorang dalam acara resmi sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam Negara, pemerintahan atau masyarakat.

Master of Ceremony yaitu pengatur tertib jalannya acara atau orang yang ahli/professional dalam bidang Ceremony atau bisa disebut Pembawa Acara.

Dalam bimtek ini lebih menekankan pada etika dan penampilan. Bagaimana cara beretika dan berpenampilan yang baik dan benar dalam menghadapi klien agar klien merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Ini sangat bermanfaat terutama bagi OPD-OPD yang bertugas dalam pelayanan masyarakat. Selanjutnya bimtek ditutup oleh WI A.A. Rai Kartini, S.Sos, M.Si, CHI.