(0362) 22063
dpmptsp@bulelengkab.go.id
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Sosialisasi Perpres No. 16 Tahun 2018 “Proses Belanja Efisien melalui E-purchasing E-Katalog Online Shop LKPP 2018”

Admin dpmptsp | 01 Agustus 2018 | 1222 kali

Sosialisasi Perpres No. 16 Tahun 2018 dan E-Katalog LKPP dilaksanakan oleh Premmiere.co.id (CV. Solusi Arya Prima) bertempat di Harris Hotel & Coventions Center Denpasar pada Selasa, 31 Juli 2018 dengan mengambil tema “Proses Belanja Efisien  melalui E-Purchasing E-Katalog Online Shop LKPP 2018”

            Pengadaan barang/jasa Pemerintahan yang efisien dan efektif merupakan salah satu bagian yang penting dalam perbaikan pengelolaan keuangan negara. Salah satu perwujudannya adalah melaksanakan proses pengadaan barang/jasa pemerintahan secara elektronik, yaitu pengadaan yang dilaksanakan dengan menggunakan teknologi informasi dan transaksi elektronik sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

            Acara dibuka oleh Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Bali, Cok Bagus Pemayun, Kepala Kantor Pusat CV. Solusi Arya Prima, A.M. Ishak, dan Kepala Cabang Bali, Aditya Yanuar serta para PPK dan P2BJ Pemerintahan seluruh Bali.

            Dalam Peraturan Presiden No 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah lebih banyak menekankan pada Pengadaan melalui Katalog Elektronik atau E-Purchasing. Di mana dalam SPSE 4.3 PPK diberi kewenangan lebih luas dalam pengadaan barang/jasa mulai upload KAK/Spesifikasi, Input HPS, dan Input Rancangan Kontrak.

            Manfaat pengadaan barang/jasa melalui E-Katalog bagi pembeli diantaranya lebih mudah dan cepat dalam pengadaan barang/jasa, lebih hemat sumber daya termasuk efisien anggaran serta lebih transparan dan akuntabel.